POPULAR POST

PANDUAN WISATA KE PULAU BAWEAN LENGKAP - TRAVEL BOOK 2023

Panduan paket wisata explore Pulau Bawean Murah


PULAU BAWEAN KABUPATEN GRESIK

Panduan tour explore wisata Pulau Bawean Kabupaten Gresik yang terdapat pada halaman ini, Kami suguhkan berdasarkan pengalaman kami dalam menyediakan jasa perjalanan dan paket trip wisata murah ke Pulau Bawean 

Panduan wisata singkat dan lengkap ini juga kami susun berdasarkan pengalaman kami sebagai salah satu pelaku pariwisata yang berlokasi di Pulau Bawean Gresik spesialis pelayanan jasa paket liburan ke destestinasi wisata populer di Bawean.
"ONE'S DESTINATION IS NEVER A PLACE, BUT A NEW WAY OF SEEING THINGS"  HENRY MULLER
Travel Book Bawean Isle 2023 ini juga diperuntukkan sebagai tourist information and guidance para wisatawan untuk mencari referensi berwisata alias nge trip ke tujuan wisata populer di Pulau Bawean Gresik Jawa Timur.

Bawean Tourism
Bawean Trip Guide Office 

Artikel singkat panduan wisata ke pulau Bawean ini diharapkan bisa membantu anda yang sedang mencari referensi travelling tujuan wisata tentang Pulau Bawean, Informasi paket wisata Bawean dan segala hal terkait perjalanan Anda menuju Pulau di utara Laut Jawa Timur ini.

Melalui artikel ini diharapkan juga bisa membantu Anda menentukan paket wisata pilihan Anda bagi yang sedang berencana untuk berwisata ke Pulau Bawean Kabupaten Gresik Jawa Timur 

BACA ARTIKEL TERKAIT PAKET WISATA BAWEAN FAVORIT 2023 :



Panduan wisata pulau Bawean ini cocok dan diharapkan bisa membantu  Anda yang sedang mencari informasi paket liburan ke Bawean, referensi destinasi wisata terbaik pulau Bawean, budget travel, panduan perkiraan anggaran biaya jalan jalan ke Bawean baik paket wisata Bawean private packages atau trip gabungan ataupun bagi Anda sebagai seorang backpacker - flashpacker yang akan travelling to Bawean island.

Selain itu, di artikel ini kami juga menambahkan beberapa informasi dasar destinasi dan atraksi wisata di pulau Bawean dengan tujuan agar dapat berguna saat perjalanan wisata Anda dan meng agendakan things to do in Bawean isle.

Yang anda perlu lakukan adalah menyusuri semua informasi dalam setiap artikel yang ada di blog sederhana ini tentunya dengan membaca dan memahaminya. 

Jika ada pertanyaan silahkan feel free klik tombol WhatssApp Us atau tulis di kolom komentar dibawah.

Artikel travelbook Bawean Island ini mungkin belum dikatakan sempurna tetapi diharapkan sedikit bisa membantu anda sebagai bekal awal untuk memilih paket wisata dan tempat destinasi populer untuk berkunjung ke pulau Bawean.

Blog ini terbagi menjadi beberapa artikel yang saling terkait sehingga anda dengan mudah menemukan informasi liburan yang Anda butuhkan.

Panduan dan deskripsi wisata ke Pulau Bawean ini sangat jauh dari harapan dan kesempurnaan dan kami buat agar mudah diikuti terutama untuk wisatawan yang baru pertama kali akan pergi liburan ke Pulau Putri (Bawean)

DIMANA PULAU BAWEAN?

Pulau Bawean adalah sebuah pulau yang secara geografis terletak diantara 112 45’ Bujur Timur dan 5 45’Lintang Selatan. 

Jka Anda melihat Peta Indonesia, lihat lah Pulau Jawa. Pulau Bawean berada diatas Pulau Jawa bagian timur diantara pulau Kalimantan dan Pulau Jawa. Sebuah pulau kecil ditengah Indonesia. Pulau Bawean adalah pulau ditengah Indonesia dan episentrumnya Indonesia.

Banyak tokoh  lokal Pulau Bawean menyebutkan bahwa jika melihat peta Indonesia lebih luas lagi. Dan menggambarkan Indonesia adalah Nun (Huruf Hijaiah) Pulau Bawean adalah titiknya. Sungguh begitu istimewa Pulau ini TITIK.

Luas wilayah pulau Bawean sekitar 196,27 Km. Pulau Bawean terdiri dari 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Disini terdapat 27 Desa dengan kisaran jumlah penduduk 70.000 jiwa.

Diameter pulau Bawean kira-kira 12 kilometer dan jalan yang melingkari pulau ini kira-kira panjangnya 70 km dan bisa ditempuh dalam waktu 1-3 jam. 

Terdapat banyak destinasi wisata populer di Pulau Bawean yang layak dikunjungi dan di explore. Tentunya Bawean masih sangat eksotis untuk dijadikan sebagai tujuan liburan anda.

Bawean Tour Travel
Bawean Island Gresik East Java


SEJARAH PULAU BAWEAN (Penamaan dan Julukan)

Apa Arti Pulau Bawean? Berdasarkan jejak sejarahnya, pada mulanya pulau Bawean bernama "Pulau Mejeti" atau “Pulau Majdi" yang berasal dari bahasa arab yang artinya uang logam, disebut demikian karena bentuk pulau ini bulat seperti uang logam. 

Menurut legenda, sekitar tahun 1350, sekelompok pelaut dari Kerajaan Majapahit terjebak badai di Laut Jawa dan terdampar di Pulau Bawean pada saat matahari terbit. "BA-WE-AN” yang berasal dari bahasa sansekerta "BA" artinya sinar "WE" artinya matahari "AN"artinya ada, yang bermaksud ADA SINAR MATAHARI.

Dalam kitab Negarakertagama disebutkan bahwa pulau ini bernama Buwun. Pulau ini juga mendapat julukan sebagai Pulau Putri karna mayoritas kaum laki-laki nya merantau ke luar pulau sehingga yang tinggal di pulau ini lebih dominan kaum wanita

Dalam sejarah kolonial, Pulau Bawean juga dikenal dan tertulis dengan nama pulau Lubeck, Bavian, Babean. Nama nama ini tentunya berada dalam arsip sejarah nasional dan internasional. Silahkan browsing untuk tambahan informasinya.

Pulau Bawean juga dikenal dengan nama Pulau Boyan. Nama ini banyak disematkan ke pulau ini jika berada di luar negeri. Kebanyakan keturunan Pulau Bawean di Malaysia dan Singapore menamakannya dengan Pulau Boyan

TRANSPORTASI KE PULAU BAWEAN 

Untuk bisa sampai ke Pulau Bawean kita bisa menyebrang melalui Pelabuhan Gresik, Pelabuhan Paciran dan Bandara Juanda Surabaya. 

Nama dan tujuan wisata Pulau Bawean mungkin belum familiar di telinga sebagian traveler. Namun Anda patut tahu bahwa Pulau Bawean merupakan sebuah pulau cantik yang berada di sebelah utara Pulau Jawa. Lokasinya berada di tengah Laut Jawa bagian timur.

Pulau ini masuk dalam wilayah pemerintahan kabupaten Gresik. Meski memiliki potensi wisata yang beragam, Pulau Bawean masih cenderung belum terlalu terekspose.

Untuk ke Bawean dari Surabaya, membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke pelabuhan Gresik. Sedangkan waktu penyebrangan ke dan dari Pulau Bawean adalah sekitar 3 hingga 8 jam tergantung jenis kapal, kapal rute Bawean Gresik yaitu ; Bahari Express 8E 3.5 jam perjalanan laut, Bahari Express 6F 4 jam perjalanan laut, KMP Giliiyank 9 Jam perjalanan laut, sebuah bandara perintis Bandara udara Harun Thohir untuk transportasi udara siap melayani anda by SusiAir rute ke Bawean

BACA ARTIKEL TERKAIT :

bawean tourist information
Natuna Express

liburan ke bawean
KMP Giliiyank

bawean trip guide
Bahari Express 8E


APA DESTINASI WISATA DI PULAU BAWEAN?

Destinasi wisata apa yang ada di Bawean? Terdapat banyak destinasi wisata alam, bahari dan budaya yang patut Anda explore saat berkunjung ke Pulau Bawean.

Paket Wisata ke Pulau Bawean 2021
Tourist Destinations Board

Pulau kecil nan eksotis ini mempunyai wisata bahari dan pantai, wisata air terjun danau, wisata ecotourism dan wisata kearifan budaya serta sejumlah produk khas kerajinan masyarakat lokal.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata favorit yang terdapat di pulau nya Axis Kuhlii (Rusa Bawean) ini:

Danau Kastoba : Legendaris dan Penuh Mitos

Explore Pulau Bawean tidak lengkap jika Anda tidak kesini. Danau Kastoba terletak di tengah-tengah Pulau Bawean. Kondisi alam di sekitar danau ini cukup asri dan juga rindang. Di sekitarnya juga ada perbukitan dengan ketinggian kurang lebih 200 meter di atas permukaan laut.

Pengunjung bisa menyusuri atau trekking di bukit dengan kemiringan bukit sekitar 40 derajat. Waktu trekking kurang lebih 45 menit dengan menyusuri jalan setapak.

Sebelum menuju danau, Anda akan disambut dengan Grojogan Candi Bawean. Terletak dekat dengan tempat parkir dan jalur trek menuju danau.

Setelah sampai di puncaknya, pemandangan Danau Kastoba dari atas bisa dinikmati dengan lebih lapang.

Air danau dan juga hutan yang ada di sekitarnya akan terlihat begitu indah. Danau Kastoba ini mempunyai pemandangan alam yang sangat indah dan wajib Anda kunjungi. 


bawean trip
Danau Kastoba Bawean

paket wisata bawean
Pemandian Candhi


Laccar waterfall : Air terjun tertinggi

Tidak hanya ada Danau alami, di Pulau Bawean sendiri juga ada air terjun yang bisa Anda kunjungi selain objek wisata berupa pantai dan pulau.

Air terjun Laccar merupakan air terjun tertinggi dan cukup asri. Air Terjun di Desa Teluk Dalam ini berada di hutan dan diapit oleh tebing. Suasana sejuk yang ada di sekitarnya akan membuat pengunjung merasa lebih rileks.

Selain pulau-pulau kecil dan pantai yang indah, Anda bisa mendapatkan suasana yang berbeda di Pulau Bawean, jangan lupa untuk ke air terjun Laccar menikmati  real oksigen diantara segarnya udara hutan yang mengelilinginya.

wisata bawean
Air Terjun Laccar Bawean

Rusa Bawean : Hewan Endemik dan Ikon nya Bawean

Rusa Bawean (Axis Kuhlii) merupakan satu-satunya rusa tropis yang mempunyai daerah penyebaran yang sangat terbatas dan tersempit (90 km persegi), dan sebagian besar habitatnya berada dalam kawasan Suaka Margasatwa Pulau Bawean seluas 3.831,6 hektar.

Sesuai namanya, rusa ini adalah hewan endemik Pulau Bawean yang letaknya di kawasan Laut Jawa dan secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Gresik.

Rusa Bawean  mulai diperkenalkan oleh pemerintah pusat sebagai salah satu maskot SEA GAMES 2019 dengan nama Atung. Rusa Bawean dengan nama latin Axis Kuhlii menggambarkan kecepatan dan kelincahan. Mulai saat itu Rusa Bawean menjadikan pulau habitanya juga mulai  terkenal.

Selain spesies rusa yang terancam punah, Babi kutil  Bawean, menurut International Union for Concervation of Nature (UCN) adalah spesial babi terlangka didunia yang juga berpopulasi di Pulau kecil ini. Bahkan keterangan data dan informasi mengenai satwa ini terbilang sangat minim. Babi Kutil Bawean disebut-sebut sebagai salah satu spesies babi terlangka di dunia.

trip bawean 2020
Rusa Bawean

Pulau Gili Temor : Pulau Berpenghuni dan Wajib dikunjungi

Pulau Gili Timur wajib Anda kunjungi, untuk mencapai pulau ini, Anda diharuskan menggunakan perahu nelayan setempat yang biasa disebut dengan "Klotok".

Mengunjungi Wisata Bahari Bawean tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pulau Gili Timur. Jarak antara pulau ini dengan Pulau Bawean sendiri adalah 2,3 kilometer. Hopping island ke Pulau Gili Timur  adalah keharusan.

Keindahan Pantai Pulau Gili Timur sangat memukau. Pengunjung juga bisa menikmati sunset dan sunrise dari pulau tersebut dengan pasir putih yang bersih. Anda juga bisa mencicipi aneka sajian sea food yang bisa anda temukan dan pesan sebagai menu kuliner khas Bawean.

Tempat wisata lain yang ada di kawasan wisata Bawean Pulau Gili Timur adalah Pulau Noko Gili dan spot taman laut nya.

bawean tour travel 2020
Pelabuhan Pulau Gili Temor Bawean

Pulau Pasir Noko Gili : Destinasi Vitamin Sea Favorit 

Noko Gili merupakan pulau kecil disebelah pulau Gili Timur. Keindahan pantai pasir putih yang ada di sana cukup mempesona, lembut dan cocok untuk sunbathing. Posisinya ada di sebelah Pulau Gili Timur. Jika air surut Anda bisa berjalan kaki menuju pulau pasir ini dari Pulau Gili Timur.

Luas Pulau Noko Gili ini hanya 1 kilometer persegi. Sebagian besar pulaunya diisi dengan pasir putih yang lembut dan pemandangan yang indah. Pantai di pulau kecil ini akan mengingatkan Anda pada keindahan pulau-pulau kecil di Indonesia Timur. 

Anda dapat sepuasnya bermain pasir, memancing, snorkeling, sunbathing ataupun hanya sekedar berfoto ria. Perlu Anda ketahui, alam bawah laut pulau ini masih terjaga dengan baik. Bahkan sejumlah traveller menyatakan ekosistem bawah laut di sekitar Pulau Noko Gili lebih baik jika dibandingkan dengan yang ada di kepulauan Jawa lainnya.

open trip bawean 2020


Pulau Pasir Noko Selayar : Pulau Indah berbentuk LOVE

Selain Pulau Gili Noko, masih ada pulau lain di wisata Bahari Bawean yaitu Pulau Noko Selayar. Pulau yang satu ini juga memiliki gugusan pasir putih panjang seperti Pulau Noko Gili. Jika Anda menggunakan Drone, pulau ini tampak berbentuk Love.

Pulau Noko Selayar ukurannya lebih kecil lagi. Keindahan dari pulau ini adalah pasir putihnya yang terhampar. Disini pengunjung bisa menikmati pasir pantai yang putih dan air laut yang mengelilinginya.
Spot ini cocok sebagai salah satu Tempat Bulan Madu di Jawa Timur. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan pulau ini adalah saat sunset/matahari terbenam.

Paket wisata pulau bawean 2020
Penampakan Noko Selayar

panduan wisata ke pulau bawean 2020
Aerial Noko Selayar

Pulau Cena dan Teman Dekatnya (Pulau lain disekitarnya)

Untuk menuju ketiga pulau ini, Anda dapat melakukan penyebrangan menggunakan klotok dengan lama perjalanan sekitar 45-60 menit. Akses terbaik bisa naik Perahu lokal dari Desa Teluk  Jati Dawang.

Pada dasarnya untuk Pulau Nusa dan Pulau Cina, merupakan pulau berkarang dan tak berpenghuni. Sehingga suasananya tak begitu berbeda. Dimana kamu dapat trekking menyusuri bukit-bukit karang yang terdapat di Pulau Nusa.

Untuk menikmati keindahan tersebut, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Pulau Cina. Dinamakan seperti itu karena dahulu kala ada rombongan orang cina yang terdampar di pulau ini.

Tujuan berikutnya adalah Pulau Lulubi, pulau ini terbilang cukup asri sehingga agak nyaman untuk kamu beristirahat setelah melakukan perjalanan. Semilir angin laut dan hamparan pasir seakan menyambut hangat kedatanganmu

paket tour bawean 2020
Sunset Pulau Cena


Paket wisata murah meriah ke pulau bawean - trip guide 2020
Aerial Pulau cena

open trip bawean 2020
Aerial Pulau Cena Bawean


Karst Tanjung Gaang : Pacu Adrenalinmu Disini 

Salah satu objek wisata menarik di Bawean adalah Tanjung Ga’ang. Tanjung ini terdiri dari hamparan karst yang luas.

Bebatuan karang karst itu berada di atas lautan dengan air yang berwarna biru dan terlihat jernih. Akses menuju destinasi ini yaitu dengan cara bersepeda motor dan menggunakan Klotok.

Pengunjung bisa mengeksplorasi keindahan tanjung Gaang ini dari bawah menggunakan perahu (menyisir laut) dan trekking mengeksplore batuan karst. Kedua cara ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai minat dan bakat Anda.

Sesuaikan saja dengan selera anda. Pengunjung bisa menyusuri batu-batu karang tersebut dan mengeksplornya. Pengunjung bisa mendaki batu karang tersebut dan menikmati semenanjung ini dari ketinggian batu karang.

Tanjhung Gaang Merupakan spot terbaik yang ada di Pulau Bawean untuk menikmati sunset. So, Anda akan dapat melihat paparan sinar orange dilangit kala senja datang.

bawean island
View Tanjung Gaang Bawean

Pantai Ria : Wisata Bahari Bangsal

Pantai ini merupakan pantai yang dulunya sering dijadikan tempat berlabuhnya perahu nelayan saat melaut mencari ikan. Nama pantai Ria sendiri diambil dari suasana yang tergambar saat para nelayan berhasil menangkap ikan banyak.

Para nelayan pasti bergembira ria dengan hasil tangkapanya. Mereka bersuka cita bersama. Karena hal itulah pantai ini dijadikan nama Pantai Ria.

Karakteristik pantai Ria berbeda dengan pantai Pulau Noko. Di Pantai Ria ada lebih banyak batu-batu besar di tepi pantai dan sangat cocok untuk berburu sunset. Terdapat karang dan batuan besar untuk Anda beristirahat menikmati sunset

paket explore bawean 2020
Bukit Martalaya Bawean


Pantai Mayangkara : Fyi Landscape nya 

Pantai ini memiliki pemandangan berupa lautan lepas dengan suasana yang cukup menenangkan. Pantai ini lebih bagus bisa Anda nikmati dari atas perbukitan. Nikmati aerial  Pantai Mayangkara.

Pantai Mayangkara menurut legenda adalah merupakan salah satu saksi sejarah perkembangan Islam di Bawean. Kabarnya dulu pantai ini ditemukan oleh Siti Zaenab yang merupakan istri dari Sunan Giri. Pemakamannya bisa Anda kunjungi di Masjid Desa Diponggo.

Paket trip murah ke Pulau Bawean Gresik
Pantai Mayangkara

Pantai Nyimas /Pantai Labuhan : Kute nya Bawean

Pantai labuhan merupakan pantai ikonik Bawean. Pantai yang berlokasi di Desa Tanjung Ori terkenal dengan keindahan sunset nya dan juga bawah lautnya.

Pantai Labuhan juga sering disebut-sebut juga sebagai pantai kuta nya Bawean. Pantai ini sangat rekommended untuk menikmati sunset dan bermain air laut karena suasana lautnya yang tenang. 

Pantai ini juga selalu menjadi tempat anchor Kapal yacht luar negeri untuk berlabuh selama di Bawean. Seiring dengan promosi wisata Bawean, tempat ini saat ini sudah dikelola. So Anda bisa bermain Banana Boat dan bersantai di cafe dengan biaya yang terjangkau

bawean cantik
Labuhan Rock CityπŸ˜„


Pemandian Putri di dalam Jurang Martalaya

Kalau di Lombok ada bukit Malimbu, di Bawean ada Bukit Martalaya. Martalaya merupakan Bukit dan mempunyai jalan rindang berkelok untuk menikmati landscape aerial Bawean dari jalan yang berada di atasnya, pemandangan alam yang tersaji indah dengan jurang dimana dibawahnya ada air terjun mini.

Dibeberapa tempat dipinggir jalan terdapat site peninggalan sejarah, yaitu sisa sisa bebatuan yang dipercaya adalah reruntuhan candi  di zaman awal sejarah Pulau Bawean. Bebatuan tampak tersusun rapi di daerah sekitar dan tentunya di tempat air terjun mini Martalaya atau Pemandian putri.

bawean tour travel
Pemandian Martalaya


Pulau Gili Barat : Destinasi biasa tapi luar biasa

Akses ke pulau Gili Barat bisa dilalui dengan berkendara. Anda akan melewati jemmbatan permanen untuk mencapai tempat ini. Jembatan dengan panjang sekitar 645 meter, lebar 1,5 meter, dan tingginya 3 meter dapat anda telusuri dengan berjalan kaki atau bersepeda motor. 

Meskipun kurang spesial untuk berwisata, namun pulau Gili barat ini mempunyai spot sunset dan menikmati hutan mangrove. Jalan cor yang bagian bawahnya dari batu itu membelah laut dari Dusun Bangsal atau daratan Pulau Bawean menuju Pulau Gili Barat.

Pantai Karang Billa : Nikmati si Jingga disini

Pantai Karang Billa merupakan tempat eksotis untuk menikmati sunset dengan background pulau kecil ditengah laut.

Pantai ini terkenal dengan keindahan sunset dan Pantai ini sangat rekommended untuk menikmati sunset. Pantai Karang Billa juga menjadi tempat favorit bagi masyarakat lokal untuk bersantai di sore hari menikmati warna orange sampai bedug Maghrib berbunyi

trip bawean murah
Sunset Karang Bille Bawean

Ghunong Sabu : Muncaklah kemari dan nikmati Landscape Bawean 

Ketika kapal akan tiba di Bawean, anda akan menyaksikan landscape pegunungan yang berjejer indah. Konon jumlah gunung  (bukit) di Pulau Bawean ada 99 gunung, salah satunya adalah Gunung Sabu.

Di Bawean, bukit pun akan disebut gunung termasuk Gunung Sabu. Gunung Sabu bukan lah gunung tertinggi di Pulau Bawean, mungkin tingginya sekitar 250 meter. Hanya butuh waktu kurang lebih satu jam untuk sampai di puncaknya. Anda bisa mencapainya dengan bertrekking alam liar sekitar satu jam.

Dari atas puncak Gunung Sabu ini anda bisa melihat view Danau Kastoba dari atas, landscape Pulau Bawean yang indah dan sunrise yang eksotis. Jika anda pencinta momen matahari terbit dan treking, maka Gunung Sabu adalah destinasi yang tepat bagi anda ketika berkunjung ke Pulau Bawean.

Bandara Harun Thohir Bawean : Perintis menuju 10 Bali Baru Indonesia

Bandara ini dioperasikan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Nama bandara ini diambil dari Kopral Dua KKO (Anumerta) Harun Said bin Muhammad Ali, yang dikenal sebagai Harun Thohir. Salah satu pahlawan nasional berdarah Bawean.

Bandara ini baru diresmikan oleh Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan pada tanggal 30 Januari 2016. Bandara ini melayani rute penerbangan dari dan tujuan Bawean. Bandara Harun Thohir Bawean mempunyai pemandangan landscape laut lepas dan ada beberapa spot nggakaswmeafoto untuk kenangan anda. Jika Anda travellers yang butuh akses cepat menuju Bawean, Anda bisa naik pesawat Twin Otter dari Bandara Anda via AirfastAsia.

How to flight to Bawean 2020
Bandara Harun Thohir Pulau Bawean

Kepuh Legundi Hotspring pool yang panas pollll

Terdapat empat titik pemandian air panas di Bawean. Salah satu pemandian sumber air panas yang ada di Bawean ini bisa anda kunjungi untuk sekedar relaksasi.

Di pemandian ini terdapat tiga kolam air panas yang berbeda tingkat kepanasannya. Pemandian Air Panas Kepuhlegundi ini juga dipercaya oleh warga sekitar dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Air panas ini mengandung gas furamol yang dapat menghilangkan rasa capek, belerang dan sulfurnya dapat mengurangi kadar darah dalam tubuh dan menghilangkan penyakit kulit

Paket wisata bawean murah
Pemandian Air Panas

Mangrove Hijau Daun di Daun 

Pulau Bawean merupakan pulau kecil nan lengkap dengan limpahan kekayaan wisata alam dan budaya. Tak ayal lagi kalau pulau Bawean dilengkapi dengan pantai, keanekaragaman bawah laut dan hutan bakau dibeberapa tempat. Pulau Bakau yang dahulu hanya sebagai hutan untuk mengantisipasi erosi air laut. Namun saat ini hutan bakau di pulau Bawean mulai di oles sedemikian rupa sebagai tujuan wisata ecotourism.

Salah satu hutan Bakau dengan pengelolaan yang baik dari pokdarwis lokal yaitu Mangrove Hijau Daun di Desa Daun Kecamatan Sangkapura. Ya hutan Bakau ini seakan akan mengalahkan destinasi wisata alam lainnya karena kreatifitas dan kerja keras kelompok sadar wisata (Pokdarwis) nya. Mangrove Hijau Daun begitulah destinasi wisata ini dinamakan dan dikenalkan ke publik. Lewat tangan-tangan kreatif jadilah hutam mangrove yang rimbun ini menjadi destinasi wisata kekinian dan instagramable. Jangan lupa ber swafoto disini kalau Anda sedang di Pulau Bawean.

Terdapat beberapa spot swafoto ditempat ini. Jembatan kayu yang mengelilinginya dan rindangnya hutan bakau bakal membuat Anda merasa tenang dan fresh menghirup udara dsekitarnya. Sebelum mencapai nya Anda alan melewati pematang sawah nan hijau dengan jalan setapak bercor. Tempat ini bisa dijangkau dengan berkendara menggunakan sepeda motor.

Berjalan melewati jembatan hutan bakau, sampailah anda di pohon pinus. Pohon pinus yang rindang seperti membuat hati kita teduh seteduh rindangnya pohon pinus tersebut. Berjalan jalanlah mengitarinya, banyak spot foto bagus untuk kenang-kenangan anda bahwa anda pernah menginjakkan kaki disini. 


trip Surabaya ke Bawean
Mangrove Hijau Daun

Mombhul Beach : Destinasi Taman Langit nya Bawean

Pantai Mombhul adalah salah satu daya tarik wisata buatan baru yang ada di Kecamatan Sangkapura. Meskipun tergolong pendatang baru namun pesona wahana wisata buatan ini mampu menarik minat wisatawan sehingga tidak heran di musim liburan sekolah, Hari Raya, dan Hari Besar Nasional lainnya selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun dari luar pulau Bawean.

Selain gencarnya promosi yang dilakukan juga lokasi yang berdekatan dengan segitiga bermudanya Bawean yaitu dermaga Pamona menuju Pulau Gili, Noko Gili, dan Noko Selayar membuat pantai Mombhul cepat dikenal luas oleh wisatawan. 

Pantai Mombhul memiliki luas 45 hektare dan saat ini masih dalam tahap pengembangan baik dari sisi sarana penunjangnya maupun SDM pengelolanya. Ada banyak spot swafoto yang bisa anda temukan di Pantai Mombhul


Paket Wisata BAWEAN 2020
Mombhul Beach Bawean


Bawean trip 2020
Pantai Kerrong Mombhul

Pulau Selayar : Perawan masih Bersolek

Pulau Selayar dan Pantai Terosan merupakan pantai yang masih perawan. Pulau Selayar Bawean sendiri merupakan gunung di tengah laut. Tidak ada penghuni di pulau itu.

Untuk sampai kesana memang harus memasuki gang kecil perkampungan desa. Maklum, surga kecil itu letaknya terpencil. Traveler akan sampai di Pantai Terosan yang letaknya di sebelah utara Pulau Selayar.

Pantai kecil dengan hamparan pasir putih itu serasa milik pribadi. Suasananya tenang dan masih sepi. Sebab, belum banyak pengunjung yang datang ke lokasi. Hanya penduduk lokal yang mencari kelapa. Atau anak-anak desa yang bermain di bibir pantai.

Waktu terbaik untuk ke sana adalah pada sore hari. Nyiur di sekitar pantai, deburan ombak yang tenang serta cahaya keemasan sunset dari sebelah barat membuat pasir yang surut terlihat berkilau.

Alasan lain, sore hari jadi waktu yang pas adalah saat itu merupakan jam air laut surut. Dari pantai menuju pulau selayar bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati pasir pantai. Tentunya apabila dalam keadaan surut total.

Tour travel trip ke pulu bawean gresik jawa timur
Spot Pulau Selayar
panduan trip ke pulau bawean 2021
Landscape Pulau Selayar


Makam Terpanjang di Site Makam Panjang 

Makam panjang di dusun Tingghen terdapat makam panjang, kira-kira panjang makam 11-12 meter. Kuburan Panjang ini disebut juga makam Doro Sembodo. Terletak di tepi laut Desa Lebak yang juga merupakan spot sunset

Makam ini merupakan makam yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar dan mempunyai kekuatan magis terpendam juga mengandung nilai historis tinggi.

Menurut legenda, Doro Sembodo ini adalah abdi setia Aji Saka, tokoh utama legenda Babat Tanah jawa. Peristiwa meninggalnya Doro dan Sembodo ini kemudian dikisahkan dalam Huruf Jawa (Ha, Na, Ca, Ra, Ka, dst.). Konon itu adalah tempat pusaka Aji Saka yang dikubur bersama darah Doro.

Aji Saka adalah seorang penyebar agama Hindu di Pulau Jawa (Javadwipa) yang berasal dari Kerajaan Asoka di India. Dia adalah salah satu pangeran dari kerajaan Asoka yang merantau ke Jawadwipa bersama dua orang pembantunya yang bernama Doro dan Sembodo.

Sebelum masuk ke Pulau Jawa, Pangeran Aji Saka bersama kedua pembatunya singgah di Pulau Bawean. Salah satu pembantunya yang bernama Doro di tinggal di Bawean bersama salah satu pusaka (pedang) Aji Saka.

Kemudian Aji Saka bersama Sembodo berangkat ke JawaDwipa. Aji Saka berpesan kepada Doro bahwa Pusaka itu tidak boleh diberikan kepada siapapun kecuali di ambil sendiri oleh Aji Saka.

Singkat cerita, setelah Pulau Jawa menjadi Hindu. Aji Saka teringat pada pembatunya di Bawean, Dan dia mengutus Sembodo untuk menjemput Doro dan mengambil Pusaka Aji Saka. Dan Aji Saka lupa bahwa dia pernah berpesan kepada Doro bahwa pusakanya tidak boleh diberikan kepada siapapun kecuali diambil sendiri oleh Aji Saka.

Setelah Sembodo sampai di Pulau Bawean, timbul salah paham antara Sembodo dan Doro. Doro memegang janjinya kepada Aji Saka bahwa pusakanya tidak akan diberikan kepada siapapun kecuali kepada Aji Saka, sedangkan Sembodo tidak mau kembali ke Pulau Jawa dengan tangan hampa karena tidak bisa membawa Pusaka seperti yang diamanatkan oleh Aji Saka.

Karena masing-masing bersikeras dengan pendapatnya sendiri sehingga terjadilah perkelahian yang mengakibatkan keduanya meninggal. Masyarakat sekitar menguburnya di area pantai tingghen dan jadilah makam panjang

Open Trip Bawean 2020
Sunset Makam Panjang

Bawean Tourism
View Makam Panjang

HANDYCRAFT CENTRE : Pusat Oleh Oleh dan Kerajinan Khas Bawean

Sentra Anyaman Bawean berada di Desa Gunung Teguh Kecamatan Sangkapura. Sekitar 5 KM dari pelabuhan Sangkapura. Sentra Anyaman Tikar ini menyediakan berbagai jenis souvenir berbahan anyaman dari olahan daun pandan. Proses  yang unik dan pembuatan yang membutuhkan ketrampilan tingkat tinggi bisa menghasilkan produk tikar, tas, dompet, topi, sajadah, dan produk anyaman lainnya yang bernilai ekonomis tinggi.

Kelebihan anyaman khas Bawean, selain hasil anyaman yang lebih rapi dan halus, juga memiliki corak dan warna yang bervariasi. Semua produk diolah menggunakan bahan natural tanpa pewarna sintesis. Produk anyaman ini merupakan hasil kerajinan warga yang dikelola oleh desa setempat dan sudah goes international.
berapa harga paket wisata ke pulau Bawean?
Kerajinan Pulau Bawean

bawean tour travel kabupaten gresik jawa timur
Kerajinan Anyaman Tikar Bawean

Di Sentra Anyaman Tikar ini, wisatawan tidak hanya dapat membeli atau belanja produk kerajinan tersebut tapi juga dapat melihat proses produksinya langsung, bahkan, dapat belajar menganyam sendiri dengan panduan pengrajin. Jangan  lupa jika ke Bawean untuk membeli salah satu produk lokalnya

SPARKLING SANGKAPURA TOWN

Disaat Anda punya waktu luang di sore atau malam hari. Alangkah baiknya Anda berkunjung ke tempat-tempat di daerah kota Sangkapura. Jangan lupa ke:

Pelabuhan Umum Bawean - Pelabuhan ASDP Bawean - Pelabuhan Perikanan Bawean

Terdapat tiga pelabuhan utama yang mudah Anda kunjungi di Pulau Bawean. Umumnya pelabuhan di pakai oleh Masyarakat Bawean untuk menuju dan keluar Bawean terutama menuju ke Gresik, Jawa Timur.

Dua Pelabuhan penyebrangan utamanya untuk penumpang, dengan kapal yang setiap harinya ada yang menuju ke Bawean maupun ada yang keluar dari Bawean. Pelabuhan ini sangat cocok untuk berburu foto sunset.

Pelabuhan Perikanan adalah pelabuhan untuk nelayan yang pulang dan pergi mencari ikan di laut. Tempatnya juga sangat mudah diakses, berada diantara dua pelabuhan tersebut.

Open trip Bawean murah 2020
Pelabuhan Perikanan Bawean

TUGU 0 BAWEAN

Tugu ini berada tidak jauh dari alun-alun Sangkapura, dengan jarak kurang lebih 1 km dari alun-alun Sangkapura, tugu ini biasa menjadi icon nya Sangkapura Bawean. Tugu 0 Bawean merupakan napak tilas sejarah Bawean. Dimana ditempat ini menjadi salah satu jatuhnya Boom saat peperangan masa kolonial.

Panduan wisata Pulau Bawean 2020
Tugu 0 Bawean

LODGE : Site Sejarah Kolonial di Bawean

Lodge merupakan bangunan tua peninggalan masa penjajahan. Bangunan dengan arsitektur Belanda ini patut anda kunjugi saat berada di Bawean. Akses nya yang sangat mudah membuat anda sangat mudah menemukannya. Rindang, tenang dan suasana landscape laut lepas akan anda nikmati selama berada di Lodge. Ditengah laut berdiri membentang dam bekas peninggalan Belanda.

ALUN ALUN SANGKAPURA : Town Center dan pusat food court nya Bawean

Alun Alun Kota Sangkapura merupakan pusat food court, pusat rekreasi malam yang bisa anda kunjungi selama di Bawean. Banyak pedagang dan makanan lokal dijual ditempat ini. Tempat yang sangat ikonik dan popular bagi masyarakat Bawean karena aktivitas bisnis berada di area Alun Alun Sangkapura

Bawean Tour Travel
Tugu Alun Alun Kota Sangkapura

ATRAKSI TRADITIONAL DANCES

Terdapat beberapa kesenian lokal dari Pulau Bawean. Berikut kami tuliskan tiga kesenian lokal Pulau yang masih dilestarikan sampai saat ini: 

ATRAKSI DHUNGKA 

Masyarakat setempat menggelar kesenian Dhungkah saat menjelang pesta pernikahan dengan memainkannya selama 7 hari berturut turut. Disamping itu, Dhungkah juga dimainkan saat menyambut tamu kehormatan yang berkunjung ke Bawean. Yang paling dikagumi dari musik Dhungkah adalah kekompakan para penabuhnya yang kesemuanya adalah ibu-ibu rumah tangga. 

Disamping harus kompak, juga menabuhnya dilakukan dengan keras hingga bunyinya bisa terdengar hingga radius 1 kilometer meski tanpa alat pengeras suara. Dalam atraksi Dhungkah berisi pantun dengan pesan moral dan kritikan sosial termasuk menceritakan keluh kesah seorang istri yang ditinggal suami bekerja diluar negeri.

Paket tour travel pulau bawean 2021
Atraksi Tarian Dhungka

Sebagai media musik, Lesung, tempat menghaluskan padi dan gagang pengangkat Lesung. Komponen-komponen tersebut ternyata bisa mengeluarkan irama dan variasi bunyi yang indah. Dhungka merupakan musik sederhana tapi suaranya asik dan penuh pesan moral. Saat ini, musik Dhungkah telah menjadi salah satu ikon wisata Bawean. Pemkab Gresik memasukkannya dalam paket rencana pengembangan pulau bawean sebagai salah satu tujuan wisata budaya

SENI KERCENGAN

Kercengan merupakan jenis kesenian hadrah khas Bawean yang dibawakan oleh laki-laki dan perempuan. Para pemain tersebut terdiri dari penabuh, vokalis dan peruddat (penari) perempuan. Kercengan memiliki irama tabuhan lambat hingga cepat yang berbeda dengan daerah lain. Sekilas dari beberapa gerakannya mirip dengan tari Saman dari Aceh.

MANDILING ALIAS MY DARLING (Borrowing Bahasa Inggris)

Tarian Mandailing merupakan tarian tradisional khas Bawean yang disajikan untuk menyambut para tamu istimewa yang berkunjung ke Bawean. Diiringi alunan musik yang ditabuh, penari memasuki lapangan untuk perform dengan  menari dan berbalas pantun

Bawean Trip Guide sebuah operator lokal Bawean yang digagas oleh putra Bawean yang bertujuan untuk melayani, mengakomodir kebutuhan perjalanan wisata Anda ke Pulau Bawean. Sebagai salah satu blogger lokal kami melayani perjalanan wisata Anda ke Pulau Bawean. 

Bawean  Trip Guide memberikan penawaran trip packages Bawean berupa paket tour Bawean. Kami siap membantu Anda dalam menentukan destinasi paket wisata Bawean baik paket wisata open trip, private trip. WhatsApp Us Now

Komentar

  1. Mantaaap. Keren banget infonya mas. Salam sesama Travel Blogger! Salam aubinesia.com!

    BalasHapus
  2. Perkenalkan saya elzandra. Terima kasih infonya. Selama ini saya pikir di Gresik tidak ada tempat wisatanya. Besok besok saya ke sana deh. Salam kenal.

    BalasHapus
  3. Wah ini baru panduan wisata di bawean, Gresik. Bikin pengen berkunjung kesana dan lihat tarian tradisionalnya.

    BalasHapus
  4. Manteeb gan, sampe skrg blom kesampean traveling k bawean. Hehehe


    Buat yg hobi otomotif boleh mampir ke "iotomagz.com"

    BalasHapus
  5. Terimakasih artikelnya. Menambah referensi untuk traveling. Semoga corona cepat selesai agar bisa traveling lagi.

    BalasHapus
  6. Nice post gan salam dari sesama blogger, tekno-app.com

    BalasHapus
  7. semoga bisa kesampaian ke sana dan daerah lainnya di indonesia. kangen liburan, hehehe

    BalasHapus
  8. tp apa bisa kalo lg pandemi gini,walaupun ada daerah yg udah new normal gitu min

    BalasHapus
  9. Haduuh kereen yaa destinasinyaa :(

    salam malasngoprek.com

    BalasHapus
  10. Bisa menjadi rekomendasi nih bagi teman-teman yang ingin berwisata di pulau bawean, hehe

    BalasHapus
  11. Wooow ternyata bawean banyak destinasi wisatanya ya.. baru tahu saya..

    Tio_iotomagz

    BalasHapus
  12. Nice, buat referensi traveling bagus sekali ini. terimakasih artikelnya gan

    BalasHapus
  13. Indah banget ya, jadi pingin kesana. Semoga ada waktu dan rezeki πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  14. Sebagai traveller, belum lengkap rasanya jika tak menginjakkan kaki dimari.. semoga tahun ini bisa ke pulau bawean..

    BalasHapus
  15. Mksh gan. Jadi nambah referensi tujuan wisata setelah covid ...

    BalasHapus
  16. Terima kasih gan semoga aja ntar ane liburan di bawean

    BalasHapus
  17. Wah traveller yaa.. bagus gan informasinya sangat bagus! Makasih gan!

    BalasHapus

Posting Komentar