POPULAR POST

PANDUAN WISATA KE PULAU BAWEAN LENGKAP - TRAVEL BOOK 2023

Gambar
PULAU BAWEAN KABUPATEN GRESIK Panduan tour explore wisata Pulau Bawean Kabupaten Gresik yang terdapat pada halaman ini, Kami suguhkan berdasarkan pengalaman kami dalam menyediakan jasa perjalanan dan paket trip wisata murah   ke Pulau Bawean  Panduan wisata singkat dan lengkap ini juga kami susun berdasarkan pengalaman kami sebagai salah satu pelaku pariwisata yang berlokasi di Pulau Bawean   Gresik spesialis pelayanan jasa paket liburan ke destestinasi wisata populer di Ba wean. "ONE'S DESTINATION IS NEVER A PLACE, BUT A NEW WAY OF SEEING THINGS"  HENRY MULLER Travel Book Bawean Isle 2023 ini juga diperuntukkan se bagai tourist information and guidance para wisatawan untuk mencari referensi berwisata alias nge trip ke tujuan wisata populer di Pulau Bawean Gresik Jawa Timur. Bawean Trip Guide Office  Artikel singkat panduan wisata ke pulau Bawean ini diharapkan bisa membantu anda yang sedang mencari referensi travelling tujuan wisata tentang

noko gili bawean



Review Paket Wisata Bawean

Bawean itu dekat. Anda tidak usah jauh jauh ke Maldives, anda bisa menemukan dengan mudah mini Maldives lewat pantai indah dan panorama alam yang memukau di Bawean, Gresik, Jawa timur. Indonesia. Pulau di utara pulau Jawa ini, contohnya, memiliki beragam spot destinasi alam yang tidak kalah jauh dengan destinasi dunia lainnya dan khususnya destinasi Jawa Timur an. Pulau cantik bernama pulau Bawean ini berada dalam administrasi Kabupaten Gresik.
Yup… Langsung saja saya bahas salah satu destinasi hits di pulau Bawean serta nge hits di dunia per travellingan baik domestik atau internasional.

Belum lengkap rasanya jika ke Bawean belum sampai ke pulau Noko Gili
Noko Gili Bawean

Noko Gili merupakan gugusan pulau pasir putih dengan air laut tosca nan bersih dan jernih serta dilengkapi dengan kesempurnaan biota bawah lautnya yang menawan.

Fathin Motel memberikan anda nuansa nikmat ber travelling

Kita mulai dari tempat kita menginap, Fathin Motel. Motel yang terletak di dekat pelabuhan Bawean ini merupakan tempat menginap yang pas ketika anda travelling ke Bawean. Motel dengan fasilitas premium dengan kamar mandi shower, kamar yang luas nyaman, pelayanan yang prima dari si pemilik Motel dengan harga yang terjangkau. Asyiknya mengnap di Motel ini karena situasinya dekat dengan pelabuhan, bayangkan kalau Motelnya jauh, gimana kalu kita ketinggalan kapal untuk back to Gresik, situasinya tenang dan damai serta kita bisa leluasa menikmati sunset dengan landscape pelabuhan Bawean. Asyik..
FATHIN MOTEL

Hopping island ke Noko Gili

Dermaga Apung Pamona
Untuk ke Noko Gili dari Fathin Motel kita bisa menggunakan sepeda motor/mobil/kelotok (Perahu Lokal). Saya rekomendasikan untuk menggunakan sepeda motor karena selain murah kita juga bisa menikmati suasana perjalanan berkendara ke Pelabuhan Pamona, udara segar dan pemandangan hijau. Kalau kita naik mobil atau perahu lokal kita bisa bayangkan juga harga sewanya.
Setelah kita mendapat sepeda motor sewaan (didepan Motel banyak tersedia). Tinggal deal harga saja. Pastikan bensin sudah terisi dan fisik anda oke untuk berkendara. Kita menuju ke arah timur ya sob..
Kita akan melewati Perikanan Sangkapura, tempat yang cocok untuk santai sore bersama keluarga. Diujung juga terdapat dermaga dan merupakan tempat singgasana PLN Bawean. Spot sunset disini sangat bagus lho.. selanjutnya, kita melewati pelabuhan Bawean khusus Kapal Roro. Disinilah kapal Roro KM Giliiyang bersandar dan lepas tali. Rute nya bisa ditanyakan di kantornya di terminal pelabuhan tersebut.
Sambil berkendara, selanjutnya anda melewati pasar tradisional Sangkapura. Disini anda akan menemukan berbagai aktivitas, komoditas dan kehidupan perekonomian pulau Bawean. Dari hal kecil yang menghasilkan uang sampai ke pernak pernik lainnya. Pasar tradisional terbesar di pulau Bawean sebagai pusat perekonomian masyarakat lokal.
Selanjutnya anda akan melintasi alun alun Sangkapura, ruang publik terbesar yang ada di pulau Bawean. Menuju terus ke timur ke timur dan ketimur anda akan disuguhkan dengan jalan lingkar Bawean dengan panorama bagus, naik turun bukit, landscape laut, udara segar, hijau dan rindangnya pulau Bawean..
Sekitar 30 menit anda akan sampai di Pelabuhan Pamona. Pelabuhan kecil untuk singgah masyarakat pulau Gili dalam beraktivitas untuk perekonomian dan bersosial. Terdapat beberapa warung makan untuk anda bisa membeli bekal, kalau tidak mau repot dengan bekal tidak apa apa karena di pulau Gili nanti juga terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman untuk megobati dahaga setelah explore Noko Gili.

Explore Noko Gili Bawean

Ekor Noko Gili
Yay.. kita berada di ujung dermaga pelabuhan Pamona dengan ujung dermaga apung yang kalau ombak lumayan besar akan terasa kita akan goyang kekanan goyang kekiri seprti ada gempa. Pastikan kita sudah boking perahu lokal ya biar tidak kepanansan dan membuang waktu disini, so kita bisa langsung naik perahu lokal jika kita sudah boking sewanya. Kalaupun anda tidak memboking sebelumnya mungkin akan ada beberapa warga lokal yang akan menawarkan diri untuk mengantar anda meng explore Noko Gili dan pastinya lakukan negoisasi sebelum naik perahu. Ada yang lebih murah lagi, anda bisa sampai kesini di waktu pagi sekitar jam 07:00 karena banyak perahu lokal yang mengangkut masyarakat untuk jualan ke pasar, jadi biaya dihitung per kepala per trip. Siapkan Rp.10.000 sampai Rp. 20.000 untuk sekali jalan. Asyik juga untuk becanda gurau dengan emak emak dan bapak bapak selama perjalanan.
Sekitar 40 Menit sampailah anda di pulau Gili. Pulau berpenghuni dan jangan kuatir masyarakat disini ramah ramah. Pulau kecil ini berpenghuni sekitar 300 KK dan fasilitas lengkap. Ada dermaga, masjid, musholla, penginapan, warung makan, persewaaan alat snorkling dll. Sambil photo hunting dan melihat lihat suasana pulau Gili. Anda bisa pesan makan siang di warung warung terdekat dengan menu khas Bawean dan khsusunya masakan pulau Gili, Cumi cumi cincang, Lobster bumbu merah, ikan bakar Buje Cabbhi, kella koneng, Kella Celok, Tomes dll dari masakan ringan sampai berat Kwak Kwak Kwak.. perhatikan juga dengan keadaan dompet kita.
Selanjutnya anda juga bisa ke persewaan alat snorkling. Anda bisa menyewa alat snorkling dengan harga yang umum. Biaya sewa sekitar Rp.50.000 per set udah dapat Googling, Fin, Life Jacket. Dan saatnya untuk explore Noko Gili dan snorkling dengan BABY SHARK, DADDY SHARK, GRANDMA SHARK
Pastikan anda mengunjungi Noko Gili. Pulau pasir ini dengan keindahannya akan memberikan suasana layaknya anda berada di Maldives atau pantai Karibia lah.. tempat ini akan terasa seperti private island jika anda bekunjung di hari kerja dan sebaliknya akan ramai di akhir pekan. Tempat berteduh dengan hembusan angin sepoi sepoi, jalan jalan bersama anak cucu dengan pasir putihnya yang lembut, bermain dengan ombak di ekor Noko Gili, berlarian berkejaran dan bermain istana pasir mungkin akan membuat anda dan keluarga bak satu satunya yang hidup di muka bumi ini, Ajibbbbb.. apalagi dengan pasangan anda. Loppa lek (Red: Jargon)katanya orang Bawean.
Karang Pasong


Setelah anda cukup untuk explore Noko Gili wkatunya untuk bersnorkling ria di daerah Noko Gili, Karang Pasong, Karang Ce’et  dll.. Bagi anda yang tidak suka snorkling alangkah baiknya tetap di pulau Noko Gili aja dulu dan nanti akan dijemput back. Terdapat beberapa spot snorkling dengan terumbu karang yang masih terjaga di daerah ini, anda bisa minta pak Sopir Perahu (Skipper) untuk memawa anda ke spot bagus. Spot biasa sampai yang luar biasa extreme Hahaha..
Selama  saya mengantar tamu tamu saya, mereka bilang kalau kejernihan air laut di Bawean luar biasa, mereka bisa menemukan karang baru, biota baru dan action photo baru di pulau Bawean. Puaskan semangat bahari anda dengan bersnorkling ria di perairan dan karang Bawean. Caiyooo…
Snorkling guys..
Saatnya kembali ke Pulau Gili setelah capek, lapar, haus, gosong.. waktunya anda menggasak makan siang yang anda pesan tadi. Pastikan menu nya, cicipi rasanya dan santap sampai habis.. ingat kolestrolnya ya!
Capek? Istirahtlah sambil menikmati terik panas menyengat matahari pulau Gili. Seimbangkan juga untuk mencari tempat teduh dengan hembusan sepoi sepoi angin yang akan membuat anda mengantuk dan malas pulang. Cukup?
Silahkan ditulis di komen ya.. kalau ada yang ingin ditambahkan
Selanjutnya kita pulang dengan perahu yang kita sewa tadi. Atau jika anda tidak memboking, anda bisa minta orang lokal untuk mengantarkan anda ke Pulau Bawean dengan tarif yang disepakati. Atau jika anda tidak mau balik, anda bisa meninap di penginapan dekat dermaga pulau Gili. Sekali lagi tanyakan dan dealkan harga per kamar per malamnya.
Sampailah di pulau Bawean kembali, kembali ke Motel dengan rute tadi dan jangan meninggalkan apapun di tempat destinasi baik itu sampah, kotoran dll yang bisa membuat tidak sedap dipandang mata.
Okey.. inilah sedikit review destinasi wisata Bawean, Noko Gili. Semoga dengan review ini kita bisa berkunjung ke Bawean. Bekunjung ke Noko Gili Pulau pasir nan indah laksana anda di surga dan layaknya anda sedang travelling ke Maldives (SWAN 2018)
Untuk info travelling anda ke Pulau Bawean anda bisa menghubungi kami dikontak dibawah ini. Jangan sungkan untuk bertanya karena kami ada memang untuk memberikan pelayanan kepada anda. Asyikkk.. Yuk Travelling ke Bawean bersama keluarga, sobat, pacar, binatang kesayangan dll..
Do you like Latoooooo?
Explorer Bawean
ke Bawean yuk...
WhatsApp           : 0812 5267 3483 (My Name is SWAN)
Blog                       : www.baweantripguide.blogspot.com


Komentar