POPULAR POST

PANDUAN WISATA KE PULAU BAWEAN LENGKAP - TRAVEL BOOK 2023

Gambar
PULAU BAWEAN KABUPATEN GRESIK Panduan tour explore wisata Pulau Bawean Kabupaten Gresik yang terdapat pada halaman ini, Kami suguhkan berdasarkan pengalaman kami dalam menyediakan jasa perjalanan dan paket trip wisata murah   ke Pulau Bawean  Panduan wisata singkat dan lengkap ini juga kami susun berdasarkan pengalaman kami sebagai salah satu pelaku pariwisata yang berlokasi di Pulau Bawean   Gresik spesialis pelayanan jasa paket liburan ke destestinasi wisata populer di Ba wean. "ONE'S DESTINATION IS NEVER A PLACE, BUT A NEW WAY OF SEEING THINGS"  HENRY MULLER Travel Book Bawean Isle 2023 ini juga diperuntukkan se bagai tourist information and guidance para wisatawan untuk mencari referensi berwisata alias nge trip ke tujuan wisata populer di Pulau Bawean Gresik Jawa Timur. Bawean Trip Guide Office  Artikel singkat panduan wisata ke pulau Bawean ini diharapkan bisa membantu anda yang sedang mencari referensi travelling tujuan wisata tentang

Wisata Bawean 2019 rusa endemik

Rusa Bawean sebagai hewan ikonik Bawean

Bawean pulau nan indah ditengah laut Jawa. Selain mempunyai destinasi wisata alam dan bahari, ada juga spot yang bisa dkunjungi yaitu penangkaran rusa bawean. Rusa kecil lincah ini hanya endemik di pulau bawean. So pasti inilah ikon pulau bawean yang sempat nge hits sebagai maskot Asean Games dengan nama Atung.
Penangkaran Rusa Bawean

Bawean Deer Sanctuary

Rusa Bawean (Axis Kuhlii) merupakan rusa asli Indonesia yang endemik dan terkecil dalam kelompok keluarga rusa yang hanya ada di Pulau Bawean. Kecilnya habitat ini menjadikan Rusa Bawean menjadi Rusa yang terisolir dalam kelompoknya. Dalam catatan International for Conservation of Nature and Natural resources (IUCN) Rusa bawean ditetapkan sebagai hewan hampir punah karena perburuan liar dan fragmentasi habitat. Tahun 1973-1979, PBB melakukan penelitian tentang rusa bawean, menemukan bahwa rusa bawean hampir punah dan harus dilindungi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, habitat Rusa bawean hampir punah dikarenajkan masyarakat lokal sering melakukan perburuan dan penangkapan rusa bawean, untuk dikomsumsi, untuk diambil tanduk dan kulitnya, Masyarakat lokal yang mempunyai kesadaran akan keseimbangan ekosistem alam dan hewan bawean, Mr. Sudirman, berinisiatif menangkarkan dua ekor rusa di dekat Sungai Solomon dengan modal sendiri. Kemudian, Rusa Bawean di penangkaran terus berkembang sampai saat ini.
Hunting Photo di Kandang Rusa

Rusa Bawean kecil dan bungkuk

Kandang Rusa yang rindang

Suasana diluar penangkaran
Dalam perkembangannya, Mr. Sudirman yang sebelumnya memiliki tanah kosong di sebuah bukit, menanaminya dengan pohon mangga dan pohon salak dengan tujuan suatu saat bisa dijadikan objek wisata. Selanjutnya, seiring dengan berkembang biaknya jumlah rusa bawean di penangkaran, Mr. Sudirman memindahkan rusa-rusa nya ke bukit yang diberi nama kebhun salak. 
Tahun 1997, Pemerintah daerah membeli aset tanah tersebut dari Mr. Sudirman dan menunjuk orang lokal untuk menjaga dan merawat rusa bawean, sampai saat ini rusa bawean terus berkemabng dan berkembang hingga mencapai jumlah 43 ekor. Jantan 14 ekor, betina 17 ekor, 12 anakan. 
Berikut karakteristik Rusa bawean :
Rusa bawean merupakan hewan endemic yang hanya ada di pulau bawean. Rusa bawean terlihat unik dan hampir punah serta dilindungi. Di alam bebas, Rusa bawean memakan rumput rumput menjalar di sekitar semak belukar, sementara di dalam penangkaran, penjaga mencoba untuk mengubah jenis rumput menjalar menjadi rumput ilalang karena sulitnya mencari rumput menjalar di sekitar penangkaran. Rusa bawean terlihat unik, terlihat dari fisiknya dimana kaki depan lebih pendek dari kaki belakang sehingga terlihat membungkuk ketika berjalan. Kecepatannya dalam berlari bisa mencapai 40 Km Per/jam. Rusa bawean jantan mempunyai tanduk dan tiap tanduknya maksimal hanya bercabang tiga saja. Tanduk Rusa Bawean bisa patah sendiri. Berat Rusa Bawean jantan dewasa mencapai 45 Kg sementara berat rusa bawean betina mencapai  K/g. Masa kawin Rusa Bawean yaitu bulan Maret sampai Juni. Rusa bawean merupakan hewan mamalia bisa beranak lebih dari satu. Hidupnya berpencar dan tidak berkelompok. Rusa bawean termasuk hewan aktif disiang hari. Tetapi, Disiang hari melakukan pergerakan menuruni gunung atau lembah dan mencari tempat aman di malam hari karena masyarakat sering melakukan perburuan dan fragmentasi habitat. (Sumber : Syafi'e S.Pd)
Hunting Photo di Rusa Bawean
Explore Bawean bareng kami

Nah sembari travelling ke Bawean jangan lupa berkunjung ke penangkaran rusa Bawean. Jika ada query paket wisata dan lain lainnya silahkan kontak : 
Bawean trip guide
0812 5267 3483
Fathin Motel Lux dan Nyaman

Komentar