POPULAR POST

PANDUAN WISATA KE PULAU BAWEAN LENGKAP - TRAVEL BOOK 2023

Gambar
PULAU BAWEAN KABUPATEN GRESIK Panduan tour explore wisata Pulau Bawean Kabupaten Gresik yang terdapat pada halaman ini, Kami suguhkan berdasarkan pengalaman kami dalam menyediakan jasa perjalanan dan paket trip wisata murah   ke Pulau Bawean  Panduan wisata singkat dan lengkap ini juga kami susun berdasarkan pengalaman kami sebagai salah satu pelaku pariwisata yang berlokasi di Pulau Bawean   Gresik spesialis pelayanan jasa paket liburan ke destestinasi wisata populer di Ba wean. "ONE'S DESTINATION IS NEVER A PLACE, BUT A NEW WAY OF SEEING THINGS"  HENRY MULLER Travel Book Bawean Isle 2023 ini juga diperuntukkan se bagai tourist information and guidance para wisatawan untuk mencari referensi berwisata alias nge trip ke tujuan wisata populer di Pulau Bawean Gresik Jawa Timur. Bawean Trip Guide Office  Artikel singkat panduan wisata ke pulau Bawean ini diharapkan bisa membantu anda yang sedang mencari referensi travelling tujuan wisata tentang

Bawean Mombhul Beach sebagai destinasi wisata edu kekinian

Bawean dengan berbagai spot wisata alam dan budaya lokalnya menyuguhkan keindahan, keramahan dan kekhasan pesonanya


Destinasi Mombhul Beach Bawean

Kali ini jagoan kecilku sudah menagih janji untuk bertamasya. Bertamasya di Pulau Bawean tentunya karena saya tinggal dan hidup di Bawean. Akhir pekan pertengahan desember 2018 saya agendakan quality time bareng my family. Setelah mempertimbangkan keadaan cuaca yang tidak bersahabat hampir selama dua minggu ini, akhirnya di pagi yang cerah ini, kami memilih The Mombhul Beach sebagai spot destinasi wisata keluarga kecil kami. Maka pagi ini kami segera meluncur ke spot Mombhul Beach untuk membahagiakan anak istri. 
So pasti, selagi berwisata dengan keluarga sekalipun, passion menulis harus tetap ada sebagai hobby baru. Meskipun kualitas tulisan masih dibawah nilai Baik tetapi kuusahakan untuk tetap menulis, mereview dan tentunya mempublish dengan harapan ada pinangan penerbit untuk menulis dilamannya. Wkwkwkwk..

Rice Terrace Lingkar Bawean
Saatnya on the way ke Mombhul Beach Bawean sebagai destinasi mainstream kekinian yang saya akui sangat cocok sebagai spot edu bagi keluargaku.
30 menit menuju tempat wisata ini telihat banyak hal yang sebenarnya bisa kutulis. Namun yang paling menonjol selama on the way yaitu saya melihat hampir semua rumah yang bersdekatan dengan jalan lingkar bawean mempunyai satu buah gazebo (Bawean: Dhurung). Benda yang sangat mudah ditemukan di Bawean. Yang kulihat Dhurung selama ini digunakan sebagai yemoat nongkrong para warga lokal baik keluarga/tetangga untuk membahas hal hal sederhana sampai yang berat, tempat menyimpan gabah, tempat untuk berjualan dan tempat untuk menyambut tamu sekaligus juga sebagai temoat untuk mengeringkan jemuran karena hujan dll. Pernah saya sebuah referensi bahwa Dhurung merupakan warisan budaya Bawean yang sampai saat ini keberadaanya semakin dibutuhkan sebagai tempat mengasyikkan.
Dhurung Kecil Bawean

Welcome to Mombhul Beach Bawean

Sampai lah di pintu utama Mombhul beach, spot destinasi yang masih dalam proses pengerjaan ini akan sangat mudah ditemukan. Keberadannya tepat berada di pinggir jalan lingkar Bawean, tepatnya di Desa Sidogedung Batu.

Gagahnya Pintu Gerbang menyambut anda
Penangkaran Rusa Bawean Mombhul
Quality Time

Mombhul Rumah Rabbit
Mombhul Rumah Kelinci
Akses yang sangat mudah sehingga pantas jika spot ini begitu terkenal baik di bagi warga lokal ataupun wisman domestik dan internasional ya g berkinjung ke Bawean. Dengan fasilitas premium dan kekinian, tempat ini bisa sebagai ajang memanjakan putra putri anda. Anda bisa menemukan spot penangkaran rusa Bawean, penangkatan hiu dan pembibitan ikan langka, Napoleon, ada juga beberapa cafe sebagai tempat menikmati sajian lokal Bawean. Ada juga spot selfie atau groufie untuk memnunjukkan ke dunia bahwa di Bawean ada spot kekinian. Ini semua bisa menjadi referensi anda untuk segera berkunjung ke tempat wisata ini.

Mombhul beach

Sejak empat tahun lalu tempat ini di garap sebagai salah satu tujuan wisata masyarakat lokal. Dana yang tidak sedikit untuk menggarap tempat ini, tentunya hanya pemodal besar beroriwntasi jauh kedepan yang akan memberanikan diri untuk mwnggarap lahan hutan dan pesisir menjadi spot wisata. Semoga usaha owner tidak sia sia sebagai sebiah investasi masa depan dalam pariwisara Bawean. Mombhul dahulu hanyalah sebuah nama dari tempat ini. Alas dan hutan jati yang tidak ada yang meliriknya namun sekarang anda akan geleng geleng dengan segala hal yang ada dan tersedia di Mombhul. Mombhul berada di Desa Sidogedung Batu. Area objek wisata ini diperkirakan mencapai 100 hektar dengan. Anda bisa membayangkan akan menemukan apa saja di tempat seluas ini.

1. Mombhul sebagai coordinate anchor yachters dunia

Dengan segala usaha pengelola, Mombhul akan dijadikan seperti Pantai Lovina Buleleng Bali atau Jatim Park. Bulan Oktober 2018 Pengelola dengan bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata telah menyusun dan mengsukseskan dan menggabungkan Acara Wonderful Sail to Indonesia dan Hari Besar Bawean ke 417 dengan semarak menggelegar ke seluruh pelosok negeri dan dunia.
Gala Dinner WSTI 2018
Greeting from around the world

2. Mombhul goes internasional

Mombhul dengan segala failitasnya mempunyai visi misi kuat untuk menjadi salah satu referensi objek wisata nasional dan dunia. Fasilitas mulai dari permainan anak sampai fasilitas extreme bisa anda temukan disini. Tidak menutup kemungkinan Bawean akan menjadi target 10 Bali baru tahun 2019 oleh Kementrian Pariwisata.
Mombhul International Yachters Coordinate
3. Fasilitas wisata apa saja yang ada di Mombhul.
Mombhul sangat startegis untuk pengembanagan pariwisata Bawean. Betapa tidak Triangle Bawean sangat mudah dan terjangkau baik dari waktu dan biaya. Meskipun agak jauh dari pusat pemerintahan namun ada Triangle Bawean yaitu Pulau Noko Gili - Pulau Gili - Mombhul Bawean. Ketiag spot tersebut merupakan jujukan wisatawan dometik dan internasional jika ke Bawean. Pengelola peka terhadap hal ini sehingga perlu dikembangkan dan melestarikan segala sesuatu yang berhubgungan dengan wisata alam di daerah ini.











4. View Pulau Gili dan Noko Gili

Jarak yang tidak jauh membuat pengelola menyediakan sebuah jetty. Tujuannya sebagai titik labuh dan lempar sauh untuk bersandarnya perahu lokal yang alan menyediakan jasa transportasi ke atau dari pulau Gili dan Noko Gili. Akses yang hampir sempurna untuk segera dibrdayakan dan terus ditingkatkan fasilitas dan pelestariannya. 
Ketika anda masuk pintu gerbang. Sekitar 200 meter alan menemulab dua jalur. Jalur lurus untuk ke spot alam dan jalur menurun untuk ke spot pantai. Jika anda memlilih jalur kanan maka anda akan melewati Rabbit House yang sangat megasyikkan, lanjut ke penangkaran Rusa Endemik Bawean dan Akses pesisir pantai untuk sampai ke Pantai Kerrong. Jika anda memilih lurus anda akan menemukan hutan pinus, lapangan utama Mombhul, temoat parkir yang luas, spot swafoto kekinian, warung kecil, guest house dll. Untuk mencapai titik pantai kerrong dari jalur ini anda harus menuruni tangga yang sedemikian ciamiknya. 

5. Ada apa di Pantai Kerrong 

Sebuah jetty dan Cafe akan telihat jelas, Inchi Cafe dengan fasilitas dan menu nya, sebuah jetty yang panjang, kolam penangkaran Kura Kura dan Pembibitan Ikan Napoleon, tempat ibadah, pesisir pantai yang bersih dan luas. Sangat rekomended untuk explore pantai kerrong ini.
Nah inilah review yang tampak dari travelling hari ini dengan keluargaku. Meng explore sebuah destinasi kekinian di Pulau Bawean dengan fasilitas yang lengkap, sumber edukasi dan cocok untuk juga untuk outbond. Semoga pengelolaan Mombhul Beach semakin dikembangkan dan melestarikan segala sumber budaya alam yang ada disekitarnya sehingga alam bawean tetap terjaga biota , bawah laut tetap hidup nyaman dan tentunya masyarakat lokal juga bisa merasakan manisnya pariwisata. (SWAN2018)




Komentar