POPULAR POST

PANDUAN WISATA KE PULAU BAWEAN LENGKAP - TRAVEL BOOK 2023

Gambar
PULAU BAWEAN KABUPATEN GRESIK Panduan tour explore wisata Pulau Bawean Kabupaten Gresik yang terdapat pada halaman ini, Kami suguhkan berdasarkan pengalaman kami dalam menyediakan jasa perjalanan dan paket trip wisata murah   ke Pulau Bawean  Panduan wisata singkat dan lengkap ini juga kami susun berdasarkan pengalaman kami sebagai salah satu pelaku pariwisata yang berlokasi di Pulau Bawean   Gresik spesialis pelayanan jasa paket liburan ke destestinasi wisata populer di Ba wean. "ONE'S DESTINATION IS NEVER A PLACE, BUT A NEW WAY OF SEEING THINGS"  HENRY MULLER Travel Book Bawean Isle 2023 ini juga diperuntukkan se bagai tourist information and guidance para wisatawan untuk mencari referensi berwisata alias nge trip ke tujuan wisata populer di Pulau Bawean Gresik Jawa Timur. Bawean Trip Guide Office  Artikel singkat panduan wisata ke pulau Bawean ini diharapkan bisa membantu anda yang sedang mencari referensi travelling tujuan wisata tentang

LAGI, Windstar Cruise anchor di Bawean hari ini


Star Legend Cruise hebohkan Bawean Lagi Senin 07 Januari 2019

Windstar Cruise kembali datang ke Bawean untuk menunjukkan kepada dunia terkait wisata alam dan budaya Bawean. Terbukti dengan hanya berselang beberapa hari, perusahaan kapal pesiar ini kembali mendatangkan kapal pesiarnya kembali datang ke Bawean. Sesuai laporan terakhir, Peserta tour rute Adventure Kastoba sejumlah 16 turis dengan 6 Mobil, rute Bawean Culture 20 turis dengan 5 Mobil, dan rute Gunuh teguh  40 turis dengan 12 Mobil.

Star Legend


Daya Tarik Amazing Bawean terbukti mendatangkan kapal pesiar mewah

Tour kali ini adalah jadwal Star legend kedua dari Perusahaan Windstar Cruise yang bermarkas di Amerika. Tanggal 28 Desember lalu kapal ini berangkat dari Singapore dan mengunjungi tempat wisata di Indonesia dan finish di Pulau Bali. Dan tur saat ini afalh rute sebaliknya yaitu start dari Bali menuju Singapore. Kapal ini telah menjelalajah beberapa pulau lain sebelum hari ini 07 Januari 2019 anchor di Bawean terhitung jam 11:00 Am sampai dengan 18:00 Pm. Kapal pesiar ini mengagendakan short tour Bawean dengan mengagendakan tour ke beberapa destinasi favorit wisatawan mancanegara di Bawean.

Bawean disinggahi Perusahaan kapal pesiar Star Legend oleh Perusahaan Windstar Cruise

Dengan nama besar Windstar Cruise, Bawean menjadi salah satu pulau yang menjadi list anchor ketika melewati laut jawa. Pulau Bawean yang strategis ini bisa terus dijadikan list destinasi mereka kedepan jika mereka melewati laut Jawa menuju indonesia timur. Destinasi wisata di Pulau Bawean juga sangat mendukung untuk dijual yaitu salah satunya adalah keramahan warga lokal yang selalu welcome kepada turis. Destinasi alam dan budayanya juga merupakan hal penting sebagai referensi wisata budaya dan alam dikancah pariwisata jawa timur dan Nasional.

Wisatawan mancanegara

Jetty Perikanan

Jetty rest area
Windstar Cruise sudah hampir dua tahun ini mempromosikan Bawean sebagai titik labuh pulau di Laut Jawa bagian utara. Turis Amerika sangat suka dengan penampilan budaya, warisan alam dan keramhtamahan penduduk asli Bawean. Maka dari itu, Windstar Cruise terus mempromosikan paket berlayar dengan kapal mewahnya dengan mengagendakan untuk short tour di Bawean. 

Seperti yang terekam beberapa waktu lalu, dari hasil wawancara ke beberapa turis di daerah perikanan ketika Windstar Cruise datang dengan Kapal Star Legend nya bahwa Bawean merupakan pulau yang indah, hampir semua turis menyatakan It's very nice ketika ditanya do you enjoy today? Beberapa turis terkagum kagum dengan keramahan warga lokal yang bertemu dan menyapa mereka, banyak hal yang ditanyakan oleh mereka mulai dari tentang nama pulau Bawean, demography, populasi dan hewan endemic nya. Juga beberapa hal terkait budaya dan handycraft yang mereka anggap sekali lagi It's very very nice. 


Testimony Bawean dari sejumlah Turis : 

1. Proses pembuatan anyaman.

Sejumlah turis terkagum melihat proses dari raw material berupa daun pandan berduri, mengirisnya, mewarnai sampai proses pembuatan anyaman Bawean. Mereka tidak menyangka bahwa daun pandan bisa dijadikan sebuah produk khas dengan kualitas, pengerjaan dan penggunaan bahan alami. Mereka juga sangat antusias ketika diberi kesempatan untuk mencoba menganyam, mencicipi rasa local cake dan minuman khas Bawean. Maka diakhir tour mereka banyak yang memborong produk lokal untuk dijadikan sebagai oleh oleh dan merchandise ke negara asal mereka. 

Kritik dan saran : Perlu adanya gallery dan tempat khusus untuk pengrajin lokal dan home industri untuk berkreasi untuk meningkatkan ketrampilannya. 

Praktek menganyam

Pasar Sangkapura
Balai Desa Gunung Teguh

Pasar Sangkapura

Penampilan pencak

 

2. Wonderful Danau Kastoba

Kastoba merupakan spot destinasi bagi turis dengan latar belakang Adventure. Mereka sangat senang bisa trekking up and down hill. Dengan landscape Danau kastoba yang greenish dan shaddy mereka sangat kagum dengan situs alam seperti ini. Dari sejumlah tampak mereka antusias untuk mandi berenang di danau kastoba dan yang lainnya tamoak asik berburu foto.

Kritik dan Saran : Perlu adanya jalan trekking yang lebih baik dan safety first aksesnya perlu ditingkatkan. Contoh Gunung Bromo


Trekkiing Kastoba
 
Trekking Kastoba


Kastoba lake

Kastoba Lake

3. Hewan Endemic

Rusa Bawean yang sudah terkenal ini masih memberikan magnet khusus kepada turis dengan background Scientist. Mereka sangat antusias untuk bisa memberikan makan rumput langsung kepada rusa Bawean di kandangnya sampai ke pertanyaaan terkait tetek bengek dari si Axis Kuhlii ini.

Kritik dan Saran : Hewan Endemic perlu dikembangkan, dirawat betul betul karena rusa Baweab adalah warisan dunia yang ada di Bawean.Penangkaran kurang luas wisatawan kurang bisa berinterkasi langsung dengan Rusa Bawean. 
Contoh : Pulau Komodo dan Komodo Dragon nya


Rusa Bawean
Rusa Bawean

4. Keramahan Warga lokal

Sikap welcome dan keramahan warga lokal dengan kehadiran mereka juga meberikan nilai positif. Bahwa kesan orang Bawean baik, ramah dan murah senyum sudah tersampaikan lewat kunjunganmereka ke penjuru dunia. Sekali lagi bahwa orang Bawean sangat super dalam hospitality kepada mereka.

Kritik dan Saran : Selama ini tidak ada kritik. Hanya perlu dipertahankan warisan bidaya dan kearifan Lokal Bawean.


Tikar centre

5. Referensi tentang Pondok dan moslem school Bawean

Banyak hal yang mereka tanyakan terkait agama di Bawean, proses belajar mengajar di pondok dan sekolah, rutinitas kegiatan beribadah sebagai referensi mereka tentang Islam. Meraka juga sempat menyinggung Barrack Obama yang beragama islam dengan membandingkannya dengan Donald Trump, Presiden mereka saat ini. Juga pertanyaan dan pernyataan terkait pemimpin kita. "your president is great" sambil terbata bata menyebut nama presiden kita. Sampai beberapa dari mereka sangat ingin untuk berkunjung ke sekolah namun school is holiday.






Kritik dan Saran : No Politic, No Rasicm, Bawean tetap Pulau Majedi dengan kearifan lokal muslim nya.

Hari ini Senin tanggal 07 Januari 2019 kapal perusahaan Windstar dengan nama Star Legend akan berlabuh di Bawean tepatnya di Pelabuhan Perikanan terhitung mulai jam 11:00 sampai dengan 18:00 Semoga kunjungan kedua mereka kali ini bisa terus memberikan informasi kepada teman dan sanak saudaranya di Amerika dan Eropa bahwa Pulau Bawean yang mereka kunjungi adalah pulau dengan sejuta pesona dan pastinya kesan Amazing Baweanese dari masyarakat lokal.

Kali ini kunjungan wisatawan masih tetap bekerjasama antar Alumni Volunteer Sail Bawean 2018 yang mereka beri nama Komunitas Pemandu Wisata Bawean yang bekerjasama dengan Bawean Tour Travel di bawah arahan dan pendampingan tim agent cruise internasional asal Bali. Semoga kami putra putri Bawean bisa memberikan bantuan arahan dan petunjuk serta referensi terkait Wisata pulau Bawean. 


Amazing Bawean

semoga tahun depan Bawean bisa masuk kategori Program Kementrian Pariwisata Republik Indonesia lewat Promosi 10 Bali Baru menjadi 11 Bali Baru yaitu Pulau Bawean.


Sampai jumpa di Post selanjutnya Besok (Bersambung)

Kritik dan saran kami persilahkan untuk ditulis di kolom komentar dibawah

Share jika bermanfaat dan cukup dibaca dan exit jika tidak berkenan. Terimakasih!!

Komentar