POPULAR POST

PANDUAN WISATA KE PULAU BAWEAN LENGKAP - TRAVEL BOOK 2023

Gambar
PULAU BAWEAN KABUPATEN GRESIK Panduan tour explore wisata Pulau Bawean Kabupaten Gresik yang terdapat pada halaman ini, Kami suguhkan berdasarkan pengalaman kami dalam menyediakan jasa perjalanan dan paket trip wisata murah   ke Pulau Bawean  Panduan wisata singkat dan lengkap ini juga kami susun berdasarkan pengalaman kami sebagai salah satu pelaku pariwisata yang berlokasi di Pulau Bawean   Gresik spesialis pelayanan jasa paket liburan ke destestinasi wisata populer di Ba wean. "ONE'S DESTINATION IS NEVER A PLACE, BUT A NEW WAY OF SEEING THINGS"  HENRY MULLER Travel Book Bawean Isle 2023 ini juga diperuntukkan se bagai tourist information and guidance para wisatawan untuk mencari referensi berwisata alias nge trip ke tujuan wisata populer di Pulau Bawean Gresik Jawa Timur. Bawean Trip Guide Office  Artikel singkat panduan wisata ke pulau Bawean ini diharapkan bisa membantu anda yang sedang mencari referensi travelling tujuan wisata tentang

7 Rahasia sukses menjadi travel writer hebat


Travel writer hobby yang menyenangkan


Travel writer alias penulis perjalanan itu pekerjaan yang tidak susah dan juga sebaliknya. Hal terpenting adalah untuk menjadi seorang travel writer harus punya niat yang kuat untuk merubah pengalaman perjalanan yang sedang dijalaninya untuk menjadi suatu narasi yang deskiptif dan menghibur pembacanya. Secara umum semua traveler adalah travel writer, mereka melakukan posting, tweeting, uploading, recording atau memberi caption foto di sosial media mengenai perjalanan yang baru saja atau tengah mereka lakukan.
Passion to be a travel writer

Seorang travel writer kerjanya bukan hanya upload foto dan membuat tweet saja namun mengabadikan dan menuangkan setiap momen perjalanannya ke dalam sebuah cerita yang memberikan manfaat berupa informasi yang seringkali tidak diketahui atau yang super spesifik lainnya saat berkunjung ke sebuah destinasi wisata. Terkadang momen dan coretan perjalanan tersebut memberikan nilai ekonomis bagi si travel writer itu sendiri.

Tentunya untuk menjadi seorang travel writer, anda harus mempunyai sikap kuat yang tertanam dalam hati dan niatan super untuk bisa menuliskan momen perjalanan menjadi sesuatu yang bernilai baik bagi penulis dan pembacanya. 

 

Tips sederhana untuk menjadi seorang travel writer yang handal, jago dan berlimpah ide dari hal kecil yang tak terpikirkan sampai hal yang sifatnya luas. Let’s check it out:


1. Pastikan anda memberi tugas tersendiri pada diri sendiri di setiap moment travelling
Travel writer harus punya visi misi yang kuat di setiap perjalanannya. Hal inilah yang membedakannya dengan wisatawan. Dalam waktu yang bersamaan, anda harus menjadi seorang wisatawan sekaligus travel writer. Pastikan anda memberi tugas pada diri anda sendiri di setiap perjalanan. Seorang travel writer yang hebat berpegang pada pepatah pantang pulang hanya dengan senyuman dan rasa bangga karena telah berhasil mengunjungi destinasi impian.

Seorang travel writer harus punya tujuan jelas di setiap perjalanannya. Bahwa perjalanannya harus ada hal baru yang dipelajari lewat panca indera penulis. Caranya dengan mempelajari betul dan spesifik destinasi yang akan dituju, apa saja yang bisa dilakukan di sana dan tempat tersembunyi apa saja yang berada di luar radar traveler umumnya. Semua itu harus ada dalam list kegiatan what to do di destinasi tujuan. Semua itu akan menjadi bahan yang menarik untuk diceritakan ketimbang hanya datang dan ber swafoto sebagai bukti kalau kita benar-benar pernah berkunjung ke tempat tersebut. LOL

2. Siapkan sejumlah list pertanyaan sebagai bahan menulis
Seorang penulis perjalanan yang hebat sebelum berangkat ke destinasi yang dituju akan memastikan dan memikirkan apa saja yang ingin digali (hal unik) dari destinasi yang jadi tujuan travelingnya. kalau perlu catat segala pertanyaan agar tidak lupa saat berada di lokasi tujuan. Saat di tempat wisata yang dikunjungi, pastikan anda membaur dengan masyarakat lokal. Ini adalah cara yang paling tepat dan jitu untuk menggali informasi yang tidak akan kamu dapatkan dalam brosur agent perjalanan.

Pertanyaan seperti spot terbaik, tempat-tempat tersembunyi yang belum terekspose, seputar adat budaya lokal, hingga mitos dan legenda penduduk lokal bisa kamu tanyakan. Tips membuat pertanyaan terbaik untuk dijadikan bahan artikel adalah pertanyaan yang tidak pernah terfikirkan orang lain untuk ditanyakan. Dengan begitu informasi dari cerita perjalananmu akan benar-benar menjadi sesuatu yang baru dan membuka mata pembaca jika ternyata ada hal-hal unik di destinasi yang pernah mereka kunjungi.

3. Gunakan jasa pemandu lokal yang informatif dan kredibel
Sebagai seorang travel writer buanglah anggapan yang mengira bahwa seorang travel writer tahu segalanya. Travel writer sama seperti wisatawan lain yang tidak tahu apa-apa dan hanya berbekal informasi dari internet atau pengalaman traveler lain yang sudah pernah ke lokasi. Lantas dari mana datangnya informasi detil yang diceritakan oleh seorang travel writer?

Seorang travel writer yang peka akan berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya dari destinasi yang mereka kunjungi. Selain membaur dengan warga sekitar, seorang penulis tidak akan segan untuk menyewa jasa pemandu lokal yang informatif. Keuntungan menggunakan pemandu lokal selain bisa mengunjungi tempat-tempat anti mainstream kita juga mendapat banyak cerita dari pemandu tersebut. Tentu saja hal tersebut akan memperkaya perspektif cerita yang akan kamu tulis dan muat dalam artikel perjalananmu

4. Concern ke  spot atau hal lain yang belum terekspose ke publik
Act locally adalah prinsip yang selalu dipegang kuat oleh seorang travel writer. Artinya memfokuskan perjalanan dengan mendatangi tempat-tempat yang paling banyak digunakan untuk ngumpul penduduk lokal. Misalnya warung makan sederhana, pusat belanja tradisional , toko kelontong, penjaga destinasi dan lain lain.

Seperti diketahui bahwa searching paling banyak dilakukan di internet saat ini adalah seputar cara menuju ke tempat wisata dengan biaya murah meriah hingga pencarian akomodasi dan tempat makan murah di tempat tujuan. Tidak banyak traveler yang kepikiran untuk jalan ke suatu tempat yang sering dikunjungi warga lokal, padahal hal kecil ini bisa membantu mereka menemukan hal baru yang luar biasa atau bahkan bisa membantu mendapatkan harga murah dari suatu penawaran barang atau jasa tertentu yang ditawarkan oleh warga lokal yang ditemui

5. All out
Untuk mendapatkan hal-hal seru dan pengalaman tak terlupakan adalah dengan keluar dari zona nyaman. Jangan pernah takut kotor melakukan banyak hal. Jangan hanya mau menggali informasi dasar saja. Selagi bisa, cicipi dan explore semua hal yang mungkin bisa dilakukan. Semisal naik transportasi tradisional jika ada di kota tujuan, menyewa motor dan berkeliling kota ke tempat-tempat di luar kawasan wisata dan lain sebagainya untuk memperkaya referensi penulisan

Semakin banyak tempat yang dikunjungi semakin banyak pula orang-orang yang akan ditemui yang ujungnya semakin kaya pula informasi yang kamu dapatkan. Kamu tidak akan pernah kehabisan ide untuk menceritakan tempat yang sama karena kamu sudah mengantongi banyak sudut pandang unik yang bisa di ceritakan dan dituangkan

6. Jangan Pernah Menjadi Turis
Jika kamu mau menjadi travel writer yang berkelas jangan melulu menjadi turis di destinasi travelingmu. Tinggal di hotel atau penginapan yang ada di sekitaran tempat wisata dan hanya mengunjungi objek wisata populer yang memang disiapkan untuk menarik wisatawan. Kesenangan memang sudah pasti didapatkan tapi ceritamu tidak akan menarik karena sebagian besar ceritamu akan sama dengan traveler lain.

Menjadi travel writer harus pandai mencari informasi. Dari hal umum samapai ke spesifik. Kalau mencari penginapan cari saja home stay yang berada dekat dengan perkampungan penduduk. Saat ini ada juga model menginap di rumah penduduk lokal dan ikut kegiatan keseharian mereka. Ini pasti akan sangat membantu untuk memunculkan ide cerita dari sudut pandang yang berbeda.

7. Fleksibel Dengan Perubahan
Semua penulis tahu bahwa tulisan yang baik memiliki pendahuluan, inti cerita dan penutupan. Tapi dalam sebuah perjalanan tidak harus menerapkan prinsip seperti itu. Membuat rencana dan menyusun itinerary memang dibutuhkan tapi jangan sampai terpaku dengan rencana yang telah dibuat karena di lokasi tujuan kadang rencana bisa berubah karena banyak faktor diluar harapan anda
Write and publish

Seorang travel writer diwajibkan untuk fleksibel terhadap semua perubahan rencana. Percayalah dengan mengubah rencana akan memunculkan hal baru yang bisa diceritakan. Hal-hal tak terduga akan anda ketahui meski artinya anda juga harus siap menghadapi resiko yang tidak sesuai harapan. Intinya biarkan perjalananmu mengalir bukan dituntun oleh selembar itinerary yang sudah dibuat namun mengalir karena keinginanmu.

Nah itulah 7 rahasia luar biasa alias jimat anda jika mau menjadi seorang travel writer hebat. 7 rahasia diatas bisa anda ikuti untuk menjadi seorang travel writer yang berbeda dan khas dengan gaya menulis yang anda banget. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadikan motivasi anda untuk menulis dan menulis perjalanannya dengan harapan semoga tulisan anda kelak bisa mengguncang DUNIA. Ya.. Dunia travel writer dengan nilai ekonomis yang luar biasa (Swan-2018)

Komentar