POPULAR POST

PANDUAN WISATA KE PULAU BAWEAN LENGKAP - TRAVEL BOOK 2023

Gambar
PULAU BAWEAN KABUPATEN GRESIK Panduan tour explore wisata Pulau Bawean Kabupaten Gresik yang terdapat pada halaman ini, Kami suguhkan berdasarkan pengalaman kami dalam menyediakan jasa perjalanan dan paket trip wisata murah   ke Pulau Bawean  Panduan wisata singkat dan lengkap ini juga kami susun berdasarkan pengalaman kami sebagai salah satu pelaku pariwisata yang berlokasi di Pulau Bawean   Gresik spesialis pelayanan jasa paket liburan ke destestinasi wisata populer di Ba wean. "ONE'S DESTINATION IS NEVER A PLACE, BUT A NEW WAY OF SEEING THINGS"  HENRY MULLER Travel Book Bawean Isle 2023 ini juga diperuntukkan se bagai tourist information and guidance para wisatawan untuk mencari referensi berwisata alias nge trip ke tujuan wisata populer di Pulau Bawean Gresik Jawa Timur. Bawean Trip Guide Office  Artikel singkat panduan wisata ke pulau Bawean ini diharapkan bisa membantu anda yang sedang mencari referensi travelling tujuan wisata tentang

pulau cina bawean


Pulau Cina Bawean dalam legenda masyrakat pulau Bawean

Pengabadian nama sebuah tempat tidak akan pernah terlepas dari perjalanan sejarah pengembaraan bangsa manusia di masa silam. Sebuah pulau berupa bukit atau gunung kecil yang terletak tidak seberapa jauh dari tepi pulau induknya yakni Pulau Bawean dikenang sebagai pulau singgahan awal terdamparrnya bangsa Cina. Perjalanan dalam pengarungan berbulan-bulan, bahkan mencapai hitungan tahun dengan perahu primitif hingga mendampar pada sebuah pulau. 
trip pulau bawean
Festival Pulau Cina Bawean
Sejarah pendiaman pulau tersebut hingga mencapai hitungan abad. Di pulau tersebut ditemukan barang peninggalan bangsa Cina berupa guci dan benda keramik di beberapa sudut pulau dimaksud. Kala itu bangsa Cina belum berani untuk melanjutkan perjalanan menuju Pulau Bawean dengan berbagai pertimbangan, terutama tentang keamanan dan keselamatan jiwa karena masih diliputi rasa trauma pada peristiwa penenggelaman ratusan perahu atau kapal Cina di pelabuhan Tuban berabad silam. Beberapa abad lamanya pulau bukit tersebut menjadi hunian bangsa Cina. Oleh karena itu, warga Kampung Dedawang Desa Telukjati Dawang Kecamatan Tambak Gresik Jawa Timur mengenal dengan sebutan Pulau Cina.
Baca Juga Artikel terkait :: wonderful sail to Indonesia pulau bawean 2019

Destinasi Wisata Bawean Pulau Cina

Kegiatan melawat ke Pulau Cina di bagian tepi barat Pulau Bawean beberapa waktu lalu penulis menjumpai beberapa temuan. Di antara temuan itu berupa batu mirip daun pintu. Warga setempat menamainya dengan sebutan "Labengan". Batu berbentuk daun pintu itu terlihat unik seperti bikinan manusia saja. Orang luar kampung Dedawang belum banyak tahu keunikan sebuah batu yang menyerupai daun pintu itu. Batu berbentuk daun pintu itu tetap utuh adanya. Hal ini disebabkan bangsa Cina yang mendiami pulau itu memperlakukan alam sebagai sahabat. Berbeda dengan warga pulau ini sering terjebak pada sikap vandalisme tanpa banyak perhitungan tiba-tiba merusak atau memecah begitu saja batu peninggalan yang ada. 

Ragam Hewan Endemik Bawean

Hewan yang ditemukan di Pulau Cina nan elok itu berupa rusa Bawean. Rusa-rusa cantik itu terbiasa menyeberang dari Pulau Bawean di kala air laut surut. Sebaliknya, untuk menuju Pulau Bawean kembali menunggu surutnya air laut pula. Pasir pantai yang menghampar di antara Pulau Bawean dan Pulau Cina begitu indah baik dari sisi warna yang putih keemasan maupun kekasaran atau kehalusannya. Di hamparan pasir putih itu dapat dijumpai hewan-hewan pasir pantai berupa ketam, kerang, dan bawang-bawangan. Biota laut tersebut banyak menghampar di atas gundukan pasirnya. Kerap kali anak-anak yang datang ke sana selalu mencandainya. Kesadaran warga Kampung Dedawang cukup tinggi akan pentingnya kelestarian lingkungan. Pasir yang ada tak pernah ditambangnya. Sedangkan di tempat lain pasir pantai sudah mengalami babak belur nasib pasir pantainya. Bila tidak ada regulasi hukum yang memayungi maka suasana menjadi runyam karena kerap kali kehadiran manusia sebagai pengunjung akan mengusik ketenangan rusa yang selama ini hidup damai di sana. Hal ini perlu kesadaran warga untuk tetap memberikan swaka margasatwa di tempat tersebut. Bila perlu untuk melindungi kepunahan hewan bertanduk indah itu butuh penjagaan dari pihak polisi hutan. Hewan lain berupa unggas pantai banyak bertengger di rimbunan pohon melinju dengan kicau merdu di sepanjang waktu. Batang pohon rotan pun banyak dijumpai di Pulau Cina. Hingga saat ini tetap awet dan lestari. 
bawean tourism
Pulau Cina Bawean

Spesies satwa Pulau Cina Bawean 

Di kitaran pantai Pulau Cina banyak ditemukan ikan duyung atau dugong menyerupai sosok manusia dengan ukuran rata-rata mencapai satu setengah hingga dua meter. Salah satu dugong yang banyak ditemukan di Pantai Pulau Cina dapat dilihat di kolam Kebun Binatang Surabaya sebelah pojok timur dekat pintu masuk. Ikan duyung atau dugong tersebut begitu bersahabat dengan warga setempat. Jarang sekali, bahkan tidak pernah warga menangkapinya karena memang secara fisik agak mirip manusia. Salah seorang warga yang menjumpai ikan duyung atau dugong mengambang tak bernyawa mencoba mengeringkan. Setelah daging ikan duyung atau dugong terkelupas dan kering bagian sirip persis seperti tulang kerangka jari tangan manusia. Kerangka tulang ekor kering ikan duyung atau dugong itu juga mirip dengan ruas tulang kaki manusia pada umumnya. Ikan tersebut oleh bangsa Melayu dianggap ikan pembawa keberuntungan sehingga dikeramatkan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ikan duyung atau dugong merasa aman hidup di habitat perairan pantai Pulau Cina. Di antaranya, air lautnya bersih dan jernih tanpa ada kekeruhan sedikit pun. Kebersihan dan kejernihan dipicu oleh kondisi dasar pantai di sekeliling Pulau Cina berupa pasir dan bebatuan berpesen atau berbentuk beraturan. Sederas apapun ombak mendebur, air pantainya tetap jernih sepanjang masa. Selain itu, di kitaran Pulau Cina banyak tumbuh rumput laut dan lumut batu yang menjadi makanan kesukaan ikan duyung atau dugong tersebut.

Baca Juga Artikel Terkait :Destinasi Noko Gili Bawean  dan Destinasi Tajhung Gaang 

Khas Pulau Cina Bawean

Pada kedalaman tertentu di kawasan Pulau Cina banyak ditemukan akar bahar. Ada tiga jenis akar pohon bahar yang ditemukan di kawasan perairan pantai Pulau Cina yaitu bahar hitam, bahar putih, dan bahar coklat. Akar pohon bahar ini oleh warga Pulau Bawean dikeringkan menjadi benda perhiasan ruang tamu. 
bawean tour 2019
Bawean Tour Information

Baca Juga Artikel terkait : Favorite Bawean Tourist Destination
Para jejaka masa lalu kerap kali memanfaatkan akar bahar ini sebagai gelang tangan dan cincin dengan cara menggosokkan daun kelaras pisang hingga nampak mengkilap. Kalau sudah demikian rasa percaya diri sebagai lelaki bergelang bahar semakin terasa. Sepintas tidak terlihat di bagian timur pantai Pulau Cina orang datang berkunjung karena pasang surut air laut yang menjadi penyebabnya. Di bagian tepi barat Pulau Cina yang berupa hamparan pasir menjadi tempat berjemur para turis Eropa dan Amerika serta turis manca negara lainnya dengan menjatuhkan sauh penambat kapal pesiar mini bertiang tinggi miliknya. Mereka menikmati keindahan pantai Pulau Cina tanpa mengusik kelestarian alam yang ada di sana. Sanggupkah warga Pulau Bawean menirunya? Bila nanti Pulau Cina dibuka untuk umum harus ada komitmen untuk menjaga dan merawatnya segala kekayaan dan keindahan alam di sana. Pulau Cina sungguh indah tiada tara! (SGY)

Komentar